Visi Misi Desa Beji

Admin 24 Januari 2020 09:38:57 WIB

VISI Kalurahan Beji

Visi adalah suatu kondisi ideal yang ingin diwujudkan dan memungkinkan untuk dicapai. Visi Kalurahan Beji  merupakan kondisi ideal yang ingin diwujudkan melalui berbagai upaya penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang mencakup kondisi pemerintahan, kewilayahan maupun kondisi kehidupan dan penghidupan masyarakatnya.

Berdasarkan permasalahan, tantangan, dan keterbatasan yang masih dihadapi, Lurah terpilih telah menetapkan visi Kalurahan Beji tahun 2022 – 2027 yaitu  :

“TERBANGUNNYA TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG BAIK DAN BERSIH GUNA MEWUJUDKAN KALURAHAN BEJI YANG ADIL MAKMUR SEJAHTERA DAN BERMARTABAT”

 

Terbangunnya tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih adalah terbangunnya sistem di lingkungan pemerintahan Kalurahan Beji yang efektif, efisien, jujur, transparan dan bertanggungjawab.

Keadilan yang dimaksud disini adalah bahwa pembangunan yang dilaksanakan dapat dirasakan oleh setiap lapisan masyarakat Kalurahan Beji  tanpa mengenal gender, status sosial, tingkat ekonomi, tingkat pendidikan, umur, agama maupun ras.

Tujuan yang ingin dicapai melalui pembangunan berikutnya adalah Makmur, yang dikandung maksud bahwa dengan pembangunan disegala bidang yang tidak terbatas pada pembangunan fisik semata, tetapi juga dalam bidang kesehatan, ekonomi dan mental akan mampu menciptakan masyarakat yang makmur dimana tingkat kemiskinan dapat ditekan seminimal mungkin. Terlebih dengan adanya kebijakan pemerintah pusat melalui Program pembangunan Kesehatan dan Pendidikan diharapkan masyarakat Kalurahan Beji semakin meningkat taraf ekonomi, pendidikan dan kesehatannya.

Maksud dari sejahtera adalah bahwa akhir dari pembangunan yang dilaksanakan adalah mewujudkan masyarakat yang sejahtera. Masyarakat yang sejahtera bukan hanya diukur dari terpenuhinya kebutuhan yang bersifat fisiologis dan material, melainkan juga mencakup terpenuhinya kebutuhan yang bersifat batiniah seperti ketentraman, rasa aman, kebersamaan dan cinta kasih, harga diri, dan kebutuhan untuk beraktualisasi diri.

Bermartabat adalah kondisi yang diharapkan terbentuknya masyarakat dalam mendukung terwujudnya kesejahteraan. Bermartabat juga suatu tujuan untuk mewujudkan masyarakat yang berperilaku ramah dan masyarakat yang memiliki sopan santun, taat atau dan saling bermitra dengan orang lain. Bermartabat juga bermakna berkarakter, percaya diri dimana kondisi psikologis masyarakat yang merasa ikut memiliki dan rasa ikut bertanggungjawab, rasa percaya diri karena memiliki sifat jujur, visioner, kerja sama, peduli dalam mencapai masyarakat yang sejahtera.

Visi tersebut diarahkan untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance), sehingga terwujudnya kondisi yang lebih baik dalam rangka mendorong pertumbuhan perekonomian menuju masyarakat yang sejahtera dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.

 

MISI Kalurahan Beji

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan Pemerintah Kalurahan untuk mewujudkan Visi. Selanjutnya, berdasarkan visi kalurahan tersebut di atas, ditetapkan 4 (empat) misi Pembangunan Kalurahan 2022 – 2027, yaitu :

  1. Menjalankan Pemerintah Kalurahan yang bersih, demokratis dan terbebas dari korupsi, kolusi, nepotisme serta bentuk –bentuk penyelewengan lainnya.
  2. Mengembangkan perekonomian masyarakat melalui pemanfaatan potensi kalurahan.
  3. Meningkatkan mutu kesejahteraan masyarakat untuk mencapai taraf kehidupan yang lebih baik dan berpendidikan.
  4. Pemerataan pembangunan masyarakat, baik fisik dan pembangunan sumberdaya manusia.

 

Penjelasan masing-masing Misi

  1. Misi Pertama

Merupakan upaya Pemerintah Kalurahan untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, demokratis dan terbebas dari korupsi, kolusi, nepotisme serta bentuk penyelewengan lainnya. Pemerintahan yang bersih dan demokratis diwujudkan dengan senantiasa melibatkan seluruh lapisan masyarakat dalam proses pembangunan yang dimulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, serta pengawasan pemerintahan. Dengan adanya transparansi dan pelibatan unsur masyarakat dalam setiap proses maka akan mewujudkan pemerintahan yang bebas dari korupsi, kolusi, nepotisme dan bentuk penyelewengan lain.

  1. Misi Kedua

Merupakan upaya Pemerintah Kalurahan untuk mewujudkan peningkatan perekonomian dengan pemanfaatan potensi kalurahan, baik potensi sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang ada di Kalurahan Beji.

  1. Misi Ketiga

Merupakan upaya Pemerintah Kalurahan untuk mewujudkan mutu kesejahteraan masyarakat untuk mencapai taraf kehidupan yang lebih baik dan berpendidikan. Peningkatan taraf kehidupan yang lebih baik dengan meningkatkan kesejahteraan dibidang pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan dengan melakukan pembinaan, pelatihan dan  inovasi –inovasi agar hasil yang didapat dari berbagai bidang meningkat. Selain itu perhatian Pemerintah Kalurahan dalam bidang pendidikan menjadi hal mendasar agar warga masyarakat memperoleh ilmu pengetahuan dan pekerjaan yang lebih baik agar taraf hidup masyarakat menjadi sejahtera. 

  1. Misi Keempat

Merupakan upaya Pemerintah Kalurahan dalam pemerataan pembangunan di Kalurahan. Pemerataan pembangunan penting dilaksanakan agar warga masyarakat memiliki hak yang sama dalam menikmati program dari pemerintah. Pelibatan unsur masyarakat dalam musyawarah perencanaan pembangunan penting dilakukan dalam rangkat mewujudkan misi tersebut, sehingga keputusan yang dihasilkan merupakan keputusan bersama.